Viscometer, viskositas meter adalah alat ukur yang digunakan untuk menentukan ketahanan aliran internal atau viskositas fluida. Viscometer / Viskositas Meteran Kecepatan kekentalan biasanya mengacu pada viskositas geser, yaitu bagaimana bahan bereaksi terhadap dicukur. Viskometer putar dengan spin spindle atau rotor, juga dikenal sebagai “cup and bob” atau viskometer Searle, adalah alat yang paling umum digunakan untuk mengukur viskositas geser cairan. Namun, viskositas cairan juga dapat diukur berdasarkan peregangan. Istilah teknis untuk mengacu pada ini adalah viskositas ekstensional.

Viskometer sering digunakan di laboratorium, tetapi juga memiliki aplikasi praktis di pabrik dan lingkungan industri lainnya. Viskometer dapat menjadi komponen penting dalam proses dan kontrol kualitas. Perusahaan dapat menghemat uang dengan menempatkan viskometer di jalur produksi dan membuat pengukuran viskositas cairan secara real time.

Viscometer Sebagai Alat Ukur Kekentalan Cairan

Viskositas atau kekentalan dari suatu cairan adalah salah satu sifat cairan yang menentukan besarnya perlawanan terhadap gaya dari hasil pergeseran. Viskositas terjadi terutama karena adanya interaksi antara molekul-molekul cairan cairan.

Kekentalan adalah sifat dari zat cair untuk melawan tegangan geser (t) pada waktu bergerak atau mengalir. Kekentalan disebabkan adanya kohesi antara partikel zat cair sehingga menyebabkan adanya tegangan geser antara molekulmolekul yang bergerak. Zat cair ideal tidak memiliki kekentalan. Kekentalan zat cair dapat dibedakan menjadi dua yaitu kekentalan dinamik (μ) atau kekentalan absolute dan kekentalan kinematis (n). Zat cair Newtonian adalah zat cair yang memiliki tegangan geser (t) sebanding dengan gradien kecepatan normal terhadap arah aliran. Gradien kecepatan adalah perbandingan antara perubahan kecepatan dan perubahan jarak tempuh aliran.

Viscometer sendiri dapat mendeteksi viskositas fluida dalam pipa gas. Viskositas menggambarkan penolakan dalam fluid kepada aliran dan dapat dipikir sebagai sebuah cara untuk mengukur gesekan fluid. Air memiliki viskositas rendah, sedangkan minyak sayur memiliki viskositas tinggi.

Viscometer Rion VT-06

Viscometer Rion VT-06 Rion adalah viskometer rotasi portabel yang digunakan dalam aplikasi industri dan penelitian untuk mengukur cairan viskositas tinggi. Menampilkan nilai tampilan ditahan, backlight switchable dan fungsi power-off otomatis, viskometer genggam ini disampaikan dengan spindle R1, R2 dan R3 dan pengukuran menampilkan di decipascal detik.

rion vt06 viscometer

Operasi dasar
Tahan viskometer di satu tangan. Gunakan pengukur tingkat pada unit untuk memverifikasi bahwa viskometer adalah horisontal. Silakan penggulung di tengah gelas dan tuangkan dalam cairan sampel. Isi gelas kimia hingga pusat tanda cairan pada poros. Tahan tombol daya selama minimal 1 detik untuk daya pada instrumen. Gunakan tombol pemilih rotor untuk memilih rotor atau spindle yang benar nomor.

Rion VT06 ini dirancang untuk aplikasi kontrol kualitas dalam proses pembuatan produk industri seperti petrokimia, cat, dan perekat, serta bahan makanan. Pengukuran viskositas meliputi berbagai yang mungkin, seperti minyak gigi yang digunakan dalam mesin konstruksi. Pengukuran dilakukan dengan hanya merendam rotor dalam cairan. Ketahanan terhadap gerakan rotor disebabkan oleh viskositas (torsi) diukur untuk
mendapatkan pembacaan langsung.

Viscometer VT-06 Uji kekentalan produk dengan viscositas.

Alat untuk menguji tingkat kekentalan suatu produk dengan viscositas. Penggunaannya yang mudah dan ringkas dan hasil uji dapat ditampilan pada monitor. Alat ini dapat digunakan sperti bahan kimia, karet, lem/ perekat, sauce, aspal atau produk lain yang harus diketahui tingkat kekentalannya.  Tersedia viscometer merk Rion dan Brookfield dengan type analog manupun digital sesuai tingkat centiposenya.

Viscometer Rion  VT-06 Viscotester menyediakan sarana yang unik obyektif dan hemat biaya langsung mengukur viskositas cairan / cairan. Viskositas banyak zat adalah sangat penting namun, sampai sekarang, pengukuran kuantitas ini sering dicapai melalui metode tidak langsung, rumit dan / atau mahal. Area aplikasi termasuk bahan kimia, cat, petrokimia, perekat dan bahan makanan.

VT-06 (untuk cairan viskositas rendah) dan VT-06 (untuk cairan viskositas lebih tinggi) terdiri dari satu meter genggam (atau dapat dipasang pada berdiri) dengan tampilan digital terpisahkan dengan rotor yang terhubung ke belakang perangkat. Dengan meteran diadakan (kurang-lebih) horizontal, rotor sesuai terendam dalam cairan yang akan diuji. Meter kemudian akan memberikan pembacaan digital langsung dari viskositas fluida di millipascal / detik decipascal (unit SI untuk Viskositas).

rion viscometer vt06

VT-06 dapat mengukur sampai 4000 DPAs.

Contoh viskositas khas (pada 23 ° c):

Susu – 2,6 mPas;
Minyak Zaitun – 71 mPas;
Tomat Kecap – 43 DPAs;
Pasta gigi – 320 DPAs.

Ringkasan fitur untuk VT-05 / VT-06:

  • Langsung, obyektif dan berulang pengukuran viskositas;
  • Operasi yang sangat sederhana
  • Pembacaan digital langsung dari viskositas dalam satuan SI
  • Biaya yang efektif
  • Disediakan dengan rotor dan aksesoris lainnya siap untuk segera digunakan
  • VT-06 Rentang Pengukuran hingga 300 mPas

Download Katalog & Brosur

Video Rion VT-06

Pemesanan & Informasi Produk

Harga Kisaran : Rp. 29.500.000 – Rp. 34.000.000

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti Kurs Rupiah.
Untuk informasi harga terbaru dan stok, silahkah hubungi Sales Support kami melalui Telp atau WhatsApp :

Telkomsel : 0853 1818 3339
Indosat : 0816 593 557
XL : 0877 8887 2225

Email : sales@kucari.com

Jual Viscometer Rion VT-06 harga murah dan cari produk terbaik lainnya dari kategori Viscometer, Gratis biaya pengiriman untuk wilayah Jakarta dan dapat dikirim ke seluruh Indonesia. Dapatkan hanya di toko online Kucari, belanja online alat ukur, alat uji, alat teknik dan alat survey mudah dan aman.

Rekomendasi Produk :

Kucari menyediakan berbagai viscometer, viscotester, viskositas dari agen, supplier dan distributor resmi yang tersebar dibeberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Cikarang, Tangerang, Lampung, Pontianak, Jogja, Semarang, Solo, Batam, Padang, Pekanbaru, Malang, Surabaya, Medan, Makassar, Balikpapan, Samarinda, Pelembang, Riau, Aceh, Manado, dan Bali.